Menu

Berkat Dana Desa, Pembangunan Nagari Batu Hampar Kian Mengeliat

  Dibaca : 236 kali
Berkat Dana Desa, Pembangunan Nagari Batu Hampar Kian Mengeliat
TINJAU— Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni meninjua salah satu hasil pembangunan di Nagariu Batu hampas Selatan.

PESSEL METRO – Salah satu cita bentuk nawacita Presiden RI Jokowi adalah melakukan pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Membangun infrastruktur fisik adalah cara yang dipilih pemerintahan untuk memperkuat daerah-daerah. Dengan harapan hal tersebut dapat menjadi faktor fundamental dalam mendorong pemerataan dan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

Empat perogran khusus dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ini sangat terasa bagi Nagari Batu Hampar. Sejak dimekarkan pada 2011, Nagari Batuhampar Selatan Kecamatan Koto XI Tarusan Pessel kian berkembang.

Berbagai jenis sarana berbasis kesejahteraan rakyat (kesra) dipelosok kampung dibangun. Sehingga nagari ini menjadi yang terbaik di bidang Kantibmas di Pessel dan nomor 4 di tingkat Sumbar.

“Percepatan pertumbuhan pembangunan nagari tersebut, didorong banyak hal. Yang petama adalah niat, kemudian disusul ketersediaan anggaran serta adanya dukungan dari para komponen masyarakat,” kata Sekretaris Nagari Batuhampar Selatan, Kurnia Nofendra Senin (12/3).

Dijelaska, sejak Batuhampar Selatan mekar dari nagari Induk yaitu Nagari Batuhampar dan terbentuk pada tahun 2011 lalu. Nagari ini tak satu pun memiliki perlengkapan alat tulis kantor (ATK) dan kantor. Namun setelah terbentuknya struktur perangkat pemerintahan nagari, Wali Nagari Nagari Andi Hasan meminjam rumah, meja, kursi dan lemari milik orang tuanya untuk kantor.

Namun, setelah 2 tahun pemerintahan berjalan, pemerintah nagari mulai tertatih tatih membangun sarana jalan kampung dan juga membangun kantor. Bahkan, saat itu nagari ini mulai meraih penghargaan tingkat kecamatan.

“Akan tetapi, pada tahun 2016 pembangunan mulai tumbuh pesat setelah adanya dana desa (DD) dari Kementrian Desa (kemdes). Batuhampar Selatan yang hanya mendapat kucuran sekitar Rp 616 juta. Dana sebesar itu, sebagian besar dipergunakan untuk pebangunan fisik bangunan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga berhasil membangun gedung kantor dan Gapura, Puskesri serta vila batas nagari,”jelasnya.

Dikatakanya, pembangunan nagari ini terus berlanjut pada tahun 2017. Batuhampar Selatan yang mendapat penambahan kucuran DD sekitar Rp 785 juta tahun itu, juga berhasil membangun bebera ruas jalan rabat beton, pembukaan jalan baru, drenase dan saluran irigasi. Di samping itu, pemerintah nagari juga berhasil mendirikan gedung Pos Siskamling yang megah di lingkungan kantor Wali nagari setempat.

“Atas terbangunya sarana yang ter arah dan berbasis kesejahteraan masyarakat itu pula, membuat nagari ini diberikan berbagai jenis penghargaan. Mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi,”paparnya.

Ia menambahkan, meskipun nagari baru berdiri, namun nagari ini sudah mampu meraih 10 lembar piagam penghargaan selama satu periode. Yaitu, penghargaan nagari sehat dari Kabupaten Pesisir Selatan. Bahkan, nagari ini dipercaya menjadi satu objek penilaian kabupaten sehat di tingkat Sumbar.

“Kemudian sisusul dengan nagari terbaik pada bidang pengelolaan data asminstrasi kependudukan 2013/14. Piagam penghargaan atas prestasi pemerintahan nagari terbaik atas pengelola Adminduk 2015. Penghargaan TP-PKK Nagari Batuhampar. Juara 2 lomba gerak jalan ditingkat kecamatan serta bentuk penghargaan lainya,” ujarnya. (ri)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional