Menu

Hujan Lebat Sungai Meluap. Banjir Landa Kabupaten Solok

  Dibaca : 187 kali
Hujan Lebat Sungai Meluap. Banjir Landa Kabupaten Solok
BANJIR— Banjir melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Solok, Sabtu (5/5) hingga Minggu (6/5) pagi. Hujan lebat dan luapan sungai menjadi penyebabnya.

SOLOK, METRO – Hujan yang mengguyur Kabupaten Solok Sabtu (5/5) pada pukul 23.30 WIB, mengakibatkan sebagian wilayah Kabupaten Solok mengalami genangan air akibat luapan sungai. Salah satunya adalah daerah Pebatungan, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung. Akibatnya sejumlah rumah warga terendam banjir.

Hujan yang turun dengan curah tinggi sejak siang membuat sebagian daerah Koto Baru, Kecamatan Kubung terendam banjir. Hingga malam ini sebelum berganti tanggal menjadi Minggu (6/5) air masih bertambah, bahkan aliran Batang Cupak lumayan deras.

Di antara daerah terendam yakni Pebatungan di Jorong Kajai, Muaro dan sebagian Kayu Samuk di jorong Simpang, sebagian Sawah Karambia juga di jorong Simpang dan Kampuang Tarandam serta Lapangan Raya di Jorong Simpang.

Di Pebatungan, warga mulai memindahkan kendaraan ke pinggir jalan raya yang relatif aman dan lebih tinggi. Sementara heler Tani Jaya yang berada di depan kantor KPPN tembok jemuran padinya sudah terendam air. Aliran air Batang Cupak terlihat deras. Di halaman surau Kayu Samuk juga terlihat kerumunan warga.

BPBD Kabupaten Solok telah mengambil langkah siaga dengan melakukan patroli seraya membawa peralatan penanggulangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Terlihat jam 23.30 WIB Tim BPBP menyusuri kawasan Muaro dari Aia Batumbuak.

Selain di Koto Baru dan sekitarnya, curah hujan tinggi yang menganggu pemukiman warga dan juga terjadi di perbatasan Guguak dan Talang atau di depan BRI Talang. Air yang melimpah dari saluran di pinggir jalan mengalir deras di jalan disertai kerikil dan bebatuan.

Kondisi serupa juga ditemui di daerah Gaduang Dama, hingga simpang Sungai Rotan serta di depan SMPN 2 Gunung Talang hingga simpang Guguak Jaik yang mwrupakan perbatasan Cupak dengan Koto Baru.

Anggota TRC-BPBD Kabupaten Solok, Tengku Reynold mengatakan, banjir diduga karena luapan sungai atau batang perbatungan. ”Diduga karena hujan deras di hulu, dan luapannya sampai ke sini. Dan ada sekitar 100 rumah yang terdampak banjir. Saat ini banjir sudah mulai surut,” paparnya.

Ditambahkannya, ada beberapa nagari yang terendam banjir di Kabupaten Solok. Diantaranya di Nagari Sawah Taluak, Kecamatan Cupak. (cr10)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional