Menu

Dukungan Andre ke Senayan kian Meluas. Ketua LKAAM Sijunjung Beri Apresiasi

  Dibaca : 200 kali
Dukungan Andre ke Senayan kian Meluas. Ketua LKAAM Sijunjung Beri Apresiasi
Andre Rosiade

ADINEGORO, METRO – Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Sijunjung, Epi Radisman Datuak Paduko Alam menyatakan dukungan terhadap Andre Rosiade maju ke DPR RI. Pasalnya, tokoh muda nasional asal Sumatera Barat itu, sangat cocok untuk mewakili suara masyarakat Sumbar ke ibu kota negara.

”Ambo ado pantun untuak kamanakan kito Andre Rosiade. Mandaki jalan ka Bukik Pulai, rami dek anak Sarilamak, supayo Andre Rosiade mambangun pikiran dengan salasai, mangkonyo baiyo-iyo jo niniak mamak,” kata Epi Radisman kepada wartawan, kemarin.

Dt Epi Radisman mengatakan, sebagai seorang tokoh nasional, Andre Rosiade wajib untuk melakukan diskusi serta meminta pendapat dari niniak mamak yang ada di Minangkabau, Sumatera Barat ini. Jangan sampai Andre meninggalkan niniak mamak. “Andre Rosiade adalah anak muda yang cerdas, yang dapat membaca bagaimana kemajuan yang ada di Sumatera Barat khususnya,” ujar Epi Radisman.

Ia mengatakan, ingin bertemu lansung dengan Andre Rosiade untuk memecahkan masalah yang ada di Kabupaten Sijunjung sekarang ini. Sebab, ia melihat Andre merupakan anak muda yang sangat peduli akan daerahnya, salah satunya memperjuangkan aspirasi masyarakat di Lubukkilangan dalam menyelesaikan masalah dengan PT Semen Indonesia beberapa waktu yang lalu.

”Masalah PT Semen Padang (PTSP) yang dibantu oleh Andre Rosiade beberapa waktu yang lalu adalah bagus. Karena, Andre sudah bisa membaca bagaimana persoalan yang ada di negerinya saat ini. Andre Rosiade ini anak muda yang arif dan bijaksana serta mempunyai wawasan nasional yang tinggi,” sebut Epi.

Menurut Epi, daerah memang perlu diperjuangkan, apalagi Sumatera Barat yang menganut azaz matrilinial, yang mempunyai ulayat dan mempunyai niniak mamak. Jadi sekarang, ini ia mellihat ulayat dan niniak mamak di Minangkabau sangat dicampuri oleh kekuasaan kenegaraan.

”Dicampuri oleh kepentingan-kepentingan yang ingin mengubah matrilinial menjadi patrilinial. Hadirnya Andre Rosiade sangat diharapkan bagi masyarakat di Sumatera Barat. Pekerjaan Andre dalam menyelesaikan masalah di PT Semen Padang beberapa waktu lalu baru sedikit,” ujarnya.

Sebab, di Sijunjung sendiri, ada permasalah saat ini yang belum dilihat oleh Andre Rosiade tentang tanah ulayat di Sijunjung yang diambil oleh sebuah perusahaan besar disana. Kemudian tentang batas kota dan kabupaten, serta masalah ulayat. “Andr anak muda yang vokal dan mempunyai logika bagus dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Sijunjung,” katanya.

Secara pribadi maupun sebagai ketua LKAAM, Epi melihat, Andre Rosiade merupakan anak muda yang cerdas, yang berani, yang mau meperjuangkan aspirasi rakyat dan tidak mengharapkan uang.

”Andre Rosiade lah sosok anak muda yang kita tunggu, tapi nasehat saya adalah, Andre jangan terlalu vulgar sendiri. Bawa juga anak-anak muda yang cerdas, Andre jangan berlari sendiri. Bawa kawan beria, dan bertanya ke tokoh adat dan masyarakat adat,” ulasnya. (d)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional